Home TV Indonesia Perjalanan TVRI Dari 1962 Hingga Saat Ini

Perjalanan TVRI Dari 1962 Hingga Saat Ini

234
0
program-tvri

TVRI atau Televisi Republik Indonesia merupakan stasiun televisi nasional yang berstatus sebagai Lembaga Penyiaran Publik bersama dengan Radio Republik Indonesia milik negara. Keduanya diatur secara langsung dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran.

TVRI sendiri mulai mengudara sekitar tahun 1962 dan hingga saat ini masih setia menemani masyarakat Indonesia dengan berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi.

Namun bagaimanakah sebenarnya perkembangan TVRI? Simak perjalanan stasiun televisi yang satu ini dalam artikel berikut ini.

Baca Juga: Sinetron IPA & IPS, Sinetron GTV yang Dibuat oleh Produser Ikatan Cinta!

Awal Ide

Kehadiran Televisi Republik Indonesia tidak luput dari tokoh berjasa yakni Maladi, yang merupakan mantan penyiar Radio Republik Indonesia. Pada 1955, Maladi mengusulkan ide mengenai stasiun televisi, namun ditolak karena dianggap terlalu mahal pada saat itu. Idenya mengenai hal ini baru diterima pada tahun 1959 ketika ia menjadi Menteri Penerangan.

Ia juga menuturkan bahwa pada saat itu merupakan kesempatan yang tepat untuk mendirikan stasiun televisi bersamaan dengan Indonesia yang terpilih menjadi tuan rumah Asian Games keempat. Usulannya kemudian diterima dan diusulkan sebagai projek media massa ke dalam projek pembangunan Asian Games IV.

Baca Juga: Simak Profil Desta, Pembawa Acara Tonight Show NET TV

Siaran Pertama

Bersamaan dengan HUT RI 1962, TVRI mencetak sejarah melalui percobaan siaran di Istana Merdeka. Pada bulan yang sama pula, siaran perdana resmi digelar untuk upacara pembukaan Asian Games IV di Gelora Bung Karno.

Peristiwa tersebut juga menjadikan Indonesia sebagai negara di Asia yang telah mempunyai stasiun televisi menyusul Jepang, Thailand, Tiongkok, Filipina, serta Korea Selatan meskipun baru dapat dinikmati oleh 2% dari total penduduk pada saat itu.

Berbagai Perubahan

Status TVRI yang sebelumnya dalam wewenang Yayasan TVRI (campuran antara yayasan dan lembaga negara), berubah sehingga menjadi satu bagian dari organisasi dan tatakerja Departemen Penerangan RI.

Kemudian pada tahun 1981, iklan komersial ditiadakan agar dapat berfokus hanya pada program-program pembangunan. Namun setelah itu, iklan komersial terselubung mulai muncul. Namun izin resmi untuk iklan komersial terwujud pada tahun 2002. Pada tahun 1989, TVRI mengakhiri monopolinya dengan hadirnya stasiun televisi swasta pertama di Indonesia.

Modernisasi

Mengikuti modernisasi yang terjadi, tahun 2010 tepatnya pada 21 Desember, TVRI meluncurkan siaran digitalnya di Jakarta, Surabaya dan Batam. Kini meskipun statusnya sebagai milik negara, namun program acara yang dihadirkan sudah mengalami perkembangan dan sangat beragam. Mulai dari tayangan informatif, edukatif, inspiratif, religi, musik, hingga olahraga.

Saksikan terus program-program menarik TVRI dengan live streaming TVRI melalui media streaming pilihanmu.

Previous articleTVRI Undang Para Musisi Indonesia dalam Program Rumah Musik Indonesia
Next articleTayang di Trans TV, Inilah Fakta Menarik dari Indonesia Mencari Bakat 2021